Hasil Studi: Kesepian Menyebabkan Mudah Terserang Penyakit


Kamu sering merasa kesepian? Hati-hati, perasaan kesepian atau tidak punya teman bisa berpengaruh juga terhadap sistem kekebalan tubuh kita ini. Demikian yang disimpulkan dari pertemuan tahunan para ahli psikologi dan ilmu kejiwaan yang dihelat belum lama ini di Amerika Serikat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa individu yang sering merasa kesepian secara sosial akan lebih mudah terserang virus dan penyakit menular dibandingkan mereka yang memiliki hubungan sosial yang berkualitas.

Lisa Jeremka, seorang peneliti ilmu kejiwaan dan pakar biologi dari Ohio State University College of Medicine memimpin sebuah riset yang melibatkan 200 relawan. Pada awalnya para relawan ini diminta untuk mengisi data diri sekaligus kuesioner mengenai kondisi kehidupan sosial mereka. Kemudian virus yang telah jinak disuntikkan kedalam tubuh para relawan tersebut. Virus yang masuk ke dalam tubuh akan mengaktifkan sistem imunitas manusia untuk menghasilkan zat antibodi atau protein tertentu yang berfungsi untuk melawan virus yang masuk tersebut. Makin tinggi kadar antibodi yang diproduksi, berarti makin tinggi pula pengaruh virus terhadap tubuh penderita. Nah, kadar antibodi inilah yang kemudian diukur oleh para ilmuwan.

Hasilnya pun seperti yang telah diduga sebelumnya. Relawan dengan kehidupan sosial yang kurang baik memproduksi antibodi dengan kadar yang cukup tinggi, hal tersebut menunjukkan bahwa virus bereaksi dengan lebih keras terhadap tubuh mereka. Sedangkan relawan dengan kehidupan sosial yang baik menunjukkan kadar antibodi taraf sedang dan cenderung stabil.

Jeremka mengatakan bahwa pada kenyataannya memang pengaruh kedekatan dengan teman atau keluarga selalu membawa pengaruh positif terhadap kesehatan. “Orang dengan hubungan sosial yang baik dengan lingkungannya selalu membawa hasil yang positif pada setiap percobaan laboratorium,” pungkasnya. (ak)

Sumber: sains.me

Komentar

Silahkan berkomentar !

Archive

Formulir Kontak

Kirim