Inilah Penyebab Seseorang Bisa Terkena Alergi


Mungkin di antara kita ada yang memiliki alergi terhadap sesuatu hal. Bisa berupa alergi terhadap makanan dan minuman seperti seafood, kacang, susu, atau bahkan obat-obatan tertentu. Bisa juga alergi terhadap benda lain seperti serbuk sari bunga, bulu kucing, atau debu.

Apapun penyebabnya, sungguh aneh rasanya sebab alergi hanya berlaku untuk orang-orang tertentu, dan tidak semua orang mengalaminya.

Bagaimana kita bisa alergi terhadap sesuatu?

Alergi (allergy) sebenarnya adalah reaksi tubuh yang sedang salah paham. Haha, tubuh kok bisa salah paham?

Seperti yang kita tahu, sistem kekebalan tubuh kita mempunyai mekanisme alamiah untuk menghadang segala sesuatu yang dapat menyebabkan penyakit terhadap tubuh kita, seperti virus dan bakteri.

Nah, karena suatu hal, sistem kekebalan tubuh ini bisa salah menanggapi zat yang masuk ke tubuh. Ada material yang sebenarnya tidak berbahaya, tapi tubuh terlanjur mendeteksinya sebagai zat berbahaya dan mengira akan membawa penyakit.

Sebagai reaksi, sistem kekebalan tubuh kita akan memproduksi senyawa bernama histamin (histamine) yang bertugas memerangi material yang dianggap berbahaya tadi. Histamin ini kemudian memerintahkan bagian-bagian tubuh tertentu untuk bereaksi.

Reaksi tersebut berbeda-beda untuk tiap orang, dan tergantung material apa yang menjadi pemicu alerginya (material pemicu alergi biasa disebut alergen, atau allergen).
Reaksi yang dimaksud bisa berupa:
  • Gatal-gatal di kulit atau mata
  • Muncul ruam merah
  • Sesak napas
  • Diare
  • Detak jantung menjadi tidak teratur
  • Bersin-bersin, atau bahkan
  • Pingsan

Apa sih awal mula penyebab alergi?

Percaya atau tidak, sampai saat ini belum ada yang tahu pasti bagaimana awal mula seseorang bisa mengidap alergi terhadap sesuatu.

Tapi diyakini faktor keturunan berperan penting. Mengingat alergi ini bersifat unik untuk setiap orang, maka jika ayah kalian mengidap alergi terhadap sesuatu, sangat besar kemungkinan kalian juga mengalaminya.

Mengatasi alergi tentu saja dengan menjauhkan orang tersebut dengan zat pemicu alerginya. Dan jika sudah terkena, bisa diatasi dengan bantuan obat-obatan tertentu. Ada yang berupa pil, suntik, maupun gas yang harus segera dihirup.

Komentar

Silahkan berkomentar !

Archive

Formulir Kontak

Kirim