Tenangkan Hati dan Pikiran



Dalam menjalani kehidupan itu tidaklah selalu menyenangkan dan membawa kebahagiaan. Ibarat sebuah roda, di salah satu sisi berada di atas, sedangkan sisi yang lainnya berada dibawah dengan memikul beratnya beban. Begitu juga dengan kehidupan setiap manusia.

Biasanya seseorang akan ketakutan ketika berada di bawah, dengan beban yang begitu beratnya untuk mereka pikul sendiri. Ketika mengalami permasalahan hidup, biasanya membuat pikiran tidak karuan hingga stress. Mereka akan diselimuti dengan ketakutan dan perasaan cemas. Yang dapat mempengaruhi kondisi jiwa dan raganya sendiri.

Namun, kenapa ada beberapa orang yang memiliki masalah yang sebegitu beratnya – ibarat harus mengangkat beban seberat satu ton, tapi mereka hanya menjalaninya dengan santai saja seperti semudah membalikkan telapak tangan. Walaupun begitu mereka tetap bisa menyelesaikan masalah-masalahnya dengan tuntas. Hah, mungkin sangat sulit bagi kebanyakan orang, tapi itu bukan hanya sebuah khayalan semata. Orang yang hidup dengan santai namun dapat menyelesaikan masalahnya dengan serius adalah orang yang memiliki ketenangan dalam pikirannya.
 
Nah, disitu dapat dilihat bahwa ketenangan hati dan pikiran itu berperan penting. Lantas bagaimana cara memperoleh ketenangan itu? Umumnya orang-orang akan memilih untuk menemui seorang psikiater atau dokter untuk membantu mereka. Padahal masih ada cara menenangkan hati dan pikiran yang bisa dilakukan sendiri tanpa harus memerlukan bantuan seorang psikiater. Untuk menenangkan hati dan pikiran, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, diantaranya sebagai berikut:

1. Beribadah
Beribadah dapat membawa ketentraman dalam hati dan pikiran. Karena kita dapat mencurahkan segala kesedihan dan segala hal yang mengganjal dalam hati serta pikiran kita. Dengan beribadah kita mendekatkan diri dengan Tuhan.Dan hal itulah yang kemudian akan menimbulkan ketenangan dan ketentraman dalam hidup kita.

2. Ubah Pola Berpikir
Orang yang memiliki pola pikir yang negatif, biasanya akan tidak bersemangat dalam hidupnya. Mereka cenderung pesimis dan menyalahkan takdir. Oleh karena itu ubah lah cara berpikir kita untuk selalu berpikiran positif, itu akan lebih menenangkan kita. Ketika menjumpai perasaan yang tidak menyenangkan didalam hati dan pikiran, cobalah untuk berpikir bahwa apa yang terjadi adalah kenyataan, tapi bukan berarti akhir dari segalanya.

3. Tertawa
Tertawa dengan lepas memang salah satu cara untuk meredam stress. Kita bisa tertawa lepas dengan cara melihat acara-acara komedi atau berkumpul dan tertawa bersama teman. Dengan begitu kita akan melupakan kecemasan dan kegelisahan sehingga merasa lebih lega.

4. Mendengarkan Musik
Musik bisa mengubah suasana hati. Oleh sebab itu musik dapat berpengaruh terhadap ketenangan jiwa. Tapi ketika sedang merasa sedih, jangan mendengarkan lagu yang selow melow. Usahakan mendengarkan lagu yang membawa semangat. Begitu juga ketika sedang merasa marah dan kesal, janganlah mendengarkan lagu-lagu metal yang keras. Cobalah memilih lagu-lagu yang santai dan tenang. Biasanya musik jepang adalah salah satu pilihan untuk lagu-lagu yang tenang.

5. Curhat
Mencurahkan isi hati dan pikiran yang tidak enak kepada teman atau keluarga ternyata juga dapat membuat kita merasa lebih lega. Namun jangan membagi isi hati kita kepada sembarangan teman, pilihlah teman yang dapat dipercaya, sehingga kita merasa lebih nyaman untuk bercerita kepada mereka.

Perlu diketahui, Tuhan tidak akan memberi masalah dan cobaan yang melebihi kemampuan hambanya. Setiap orang pasti akan bisa menyelesaikan berbagai cobaan dalam hidupnya, asalkan dia dapat berpikir dengan tenang dan hati yang tentram. Itulah kuncinya tapi barengi juga dengan keimanan ya.. ^^

Komentar

Silahkan berkomentar !

Archive

Formulir Kontak

Kirim