Cara Meningkatkan Daya Ingat Dengan Mudah



Pernahkan kalian meninggalkan bekal makan siang, padahal bekal itu sudah siap dimeja makan? Dan baru mengingatnya ketika sudah sampai disekolah/ditempat kerja? Atau bahkan ketika baru mengingat bekal makan siang itu, kalian juga baru mengingat bahwa uang saku ketinggalan juga. Walaupun sudah menjadi rutinitas kita hal-hal tersebut mungkin saja terjadi.

Robert Madigan, seorang Pakar di bidang memori. Yang telah menggandrungi karirnya lebih dari 4 dekade itu menemukan bahwa kemampuan mengingat manusia sebenarnya semakin baik, tapi masih banyak hal keliru yang dipercaya terkait dengan memori.

"Salah satu kesalahpahaman adalah kemampuan memori kita tidak berubah," kata Madigan yang diambil dari kutipan buku terbarunya yang berjudul 'How Memory Works and How to Make It Work for You.'.

Sebagian orang memang sering kesulitan dalam mengingat dibanding yang lain. Namun menurut Madigan bukan berarti kita tidak bisa memperbaikinya. "Ini seperti olahraga. Jika Anda ingin daya ingat lebih kuat, Anda harus melatihnya," katanya yang juga merupakan seorang profesor psikologi di Universitas Alaska itu.

Berikut adalah beberapa cara melatih daya ingat:

1. Henti sejenak

Walaupun kamu sedang semangat-semangatnya dalam mempelajari sesuatu, cobalah untuk berhenti sejenak untuk beberapa waktu. Karena otak juga memiliki keterbatasan dalam bekerja. Otak tidak selalu bisa mengolah semua informasi itu dalam satu sesi. Namun faktanya, banyak orang yang tak melakukan hal ini karena menganggap hal itu hanya akan menghambat pekerjaannya.


2. Buat asosiasi
Untuk mengingat nomor telepon yang polanya tidak beraturan itu nampaknya seperti hal yang mustahil. Tapi untuk memudahkannya ada beberapa trik sederhana, yakni dengan membuat asosiasi dengan sesuatu yang sudah fasih teringat oleh kita.

Untuk mengingat nama, lakukan hal yang sama. Misalnya, jika orang yang baru Anda kenal adalah John, bayangkan petinju Chris John. Cara lain adalah saat pertama mendengar namanya, dengarkan dengan baik lalu ucapkan lagi namanya. Contohnya, "Hai John, senang berkenalan denganmu."

3. Coba mencatat
Mencatat hal-hal seperti nomor telepon, nama ataupun jadwal kegiatan, ternyata akan memudahkan kita dalam mengingat.Sebaiknya catatlah dengan menggunakan alat tulis seperti pulpen dan harus pada selembar kertas, karena gerakan fisik seperti menulis akan membantu kita dalam mengumpulkan informasi. Coba hindari mencatatnya hanya dengan mengetiknya didalam smartphone.

4. Buat spesifik
Bila Anda perlu mengingat untuk membeli peralatan-peralatan penting setelah sepulang sekolah, berikan informasi secara spesifik pada otak kamu. Jangan hanya mengatakan pada diri sendiri bahwa kamu akan membeli sesuatu, tapi sebutkan kalau kamu harus belok dua kali setelah lampu merah dan lokasi yang dituju tersebut ada di sebelah kanan jalan.

Penelitian menunjukkan, bahkan saat kita tidak memikirkannya, memori yang spesifik seperti itu akan lebih kuat dalam ingatan bawah sadar kita dan akan muncul saat kita memerlukannya.

5. Alih daya
Meski kamu merasa memiliki daya ingat yang kuat, jangan pernah ragu untuk mengalih dayakan (outsource) beberapa hal pada teknologi. "Kita tak perlu mengingat semua hal karena kita bisa mengalihkannya pada teknologi," kata Madigan.

Untuk mencegah lupa dimana menaruh kunci, kacamata, atau benda kecil lainnya, kita bisa selalu meletakkan kunci di tempat yang sama. Dengan demikian kamu tak akan perlu mencarinya lagi. Cara lainnya, cobalah ucapkan dengan keras dimana kamu menaruh kunci. Jadi pada saat sedang mencarinya, memori kita akan lebih kaya akan informasi-informasi penting seperti itu.

Editor : Aryadi Sujana Tanjung
Sumber : Prevention.com

Komentar

Silahkan berkomentar !

Archive

Formulir Kontak

Kirim